RAMADHAN CERIA BERSAMA YATIM DHUAFA

 

Begitu terasa kesedihan ditinggalkan bulan Ramadhan, bulan yang dirindukan oleh setiap muslim, hanya teriring seuntai doa dengan mengharap ridho Allah SWT semata :

“Yaa Allah, hamba mohon kepadaMu pertemukan Kami dengan bulan Ramadhan yang akan datang” Aamiin.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dimana di bulan ini diturunkan permulaan Alqur’an oleh Allah SWT kepada manusia sebagai petunjuk serta penjelasan atas petunjuk tersebut dan sebagai pembeda (antara yang haq dan yang batil) sebagaimana dikutip dalam ayat Alqur’an berikut :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Di bulan ini juga diperintahkan oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah puasa satu bulan penuh bagi setiap muslim kecuali dalam kondisi udhur atau sakit, sebagaimana termaktub dalam firman Allah SWT : “Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Karena begitu istimewanya bulan Ramadhan, maka kami pengurus dan seluruh keluarga Yayasan Pakem Bumi Indonesia mengadakan rangkaian kegiatan untuk memuliakani bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menigkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah kita terima selama ini dan juga sebagai bakti kita kepada Negri berkontribusi untuk meringankan beban adik-adik yatim dhuafa. Adapun rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir adalah kurang lebih sebagai berikut :

  1. Tadarus Alqur’an setiap menjelang buka bersama setiap hari selama bulan ramadhan, diikuti oleh seluruh pengurus, keluarga besar yayasan dan adik-adik yatim dhuafa yang berkesempatan hadir.
  2. Menyediakan buka bersama setiap hari selama bulan Ramadhan, kegiatan ini disupport oleh berbagai pihak diantaranya para donatur dan para dermawan yang berpartisipasi baik dalam bentuk makanan takjil, maupun dalam bentuk yang lainnya.
  3. Santunan uang saku untuk adik-adik yatim Rutin pekanan setiap hari kamis setelah berbuka puasa, dan Santunan Akbar sebulan sekali dalam bentuk uang tunai maupun paket sembako.
  4. Menghadiri undangan santunan dan buka bersama dari berbagai instansi dan per orangan antara lain sebagai berikut:
    1. Undangan santunan dari Bank BTN Cabang Kuningan, dengan tema acara Buka bersama seluruh karyawan dan berbagi bersama yatim rutin setiap bulan Ramadhan, undangan ini yang ke 2 untuk Yayasan Pakem Bumi Indonesia.
    2. Undangan dari Group Artis yang dipimpin oleh Ibu Erna Santoso bertempat di komplek Golf Cibubur, yang dihadiri berbagai artis Ibu kota yang peduli kepada yatim dan dhuafa.
    3. Undangan dari Menara Indosiar Kebon Jeruk, dihadiri oleh Direktur Indosiar, tema acaranya Buka bersama dan santunan yatim.
    4. Undangan dari Komunitas Santri Tafaquh Fiddiin dari Pesantren Daarut Tauhid Serua, bertempat di Gedung pertemuan Graha Widya Bakti di Puspitek Serpong, Pembicara Aa Gim secara online dari Arab Saudi, dan dihibur oleh Septian Dwi Cahyo dalam acara Festival yatim dan dhuafa FYD 2018, dengan Tema LOVE AND CARE. Dan masih banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Kami seluruh pengurus dan keluarga besar Yayasan Pakem Bumi Indonesia mengucapkan terima kasih kepada para donatur, para pengurus dan keluarga besar yayasan yang telah bekerjasama, dan berpartisipasi terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan, semoga menjadi amal ibadah yang diridhoi oleh Allah SWT.

Jangan takut berbuat baik, karena Allah SWT telah menjanjikan balasan atas semua kebaikan dan amal Sholeh yang kita perbuat walaupun amalan kita sebesar zarrah sekalipun, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an berikut :

“Dan tidaklah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al Qur’an serta tidak pula kami melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di Bumi maupun di Langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang Nyata (Lauh Mahfuz)” (QS : Yunus/10 : 61)

Rangkaian acara kegiatan bulan Ramadhan disempurnakan dengan pembagian zakat fitrah titipan dari para donatur dan seluruh pengurus dan keluarga besar yayasan, kepada yang berhak menerimanya di lingkungan sekitar, dan diserahkan pada malam takbir sampai menjelang sholat ‘Idul Fitri. Dilanjutkan sholat ‘Idul Fitri dilanjutkan saling bersilaturahim kepada seluruh keluarga yang bisa dijangkau.

Selamat berpisah Bulan Ramadhan 1439 H, sampai jumpa di Bulan Ramadhan 1440 H.

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *