Pentingnya Masjid atau Mushola untuk pembangunan karakter remaja

  • Post author:
  • Post category:Home

Peletakan batu pertama pembangunan mushola Maulana Insan Dzakiy Qur'aniy di Karawang
Mushola


Pentingnya Masjid Atau Mushola Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja



Bismillahirohmanirrohim,

Segala puji hanyalah pantas untuk Allah,

Yaa Allah limpahkanlah sholawat dan salam kepada baginda nabi Muhamad SAW



Para pembaca yang dirahmati Allah, pada tulisan saya kali ini akan mengangkat satu hadits yaitu :

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ ، أوْ أَصْغَرَ ، بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ



Dari Jabir bin Abdillah r.a. Rasulallah SAW bersabda “Barangsiapa membangun masjid karena Allah meskipun sebesar sarang burung atau lebih kecil. Maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga.” (Dishahihkan oleh Al-Albany).

Pentingnya masjid atau mushola di kalangan masyarakat menjadi sebuah keniscayaan di era modern ini yang semakin padat penduduk dan komunikasi tanpa batas, karena masjid atau mushola seharusnya menjadi sarana interaksi dan sosialisasi masyarakat yang religius dan berbudaya. Tempat dan simbol sangatlah mempengaruhi arah dari sebuah aktivitas, misalkan seseorang berada di tempat hiburan malam, maka orang tersebut akan cenderung berbuat hal yang sia-sia dan negatif, atau contoh lain jika seseorang berada di masjid, maka orang tersebut akan cenderung meningkatkan ketaqwaan dan berbuat baik.

Fasilitas umum dan fasilitas sosial saat ini sudahlah amat berkembang yang didukung pula dengan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi sehingga suatu tempat dapat terdiri dari orang yang jauh dan tidak dikenal atau bisa pula seseorang tinggal disuatu tempat tetapi ia tidak mengenal lingkungan sekitar rumahnya. Dari fenomena ini kita dapat mengenali masalah sosial kemasyarakatan namun fokus tulisan ini lebih kepada anak-anak usia dini dan remaja yang menjadi harapan dan masa depan sebuah bangsa.

Remaja saat ini sangat berbeda dengan remaja sebelum era 2010an dimana sudah sangat populer dan mudah untuk menggunakan teknologi komunikasi dan informasi atau yang lebih dikenal saat ini medsos atau media sosial yang membuat hubungan tanpa batas waktu dan jarak hanya dalam genggaman tangan dan praktis dibawa kemanapun.

Masjid atau mushola adalah dasar atau benteng pertahanan akhlak atau kepribadian masyarakat khususnya muslim dalam hal ini Indonesia adalah mayoritas muslim, maka wajah bangsa ini ada terwakilkan oleh keadaan sarana interaksi masyarakat paling dasar dan fundamental tersebut. Remaja selain membutuhkan sarana interaksi positif juga membutuhkan pembimbing dan komunitas yang terarah dan kompeten, maka sudah seharusnya masjid atau mushola mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyatukan dan mempererat hubungan shilaturahim serta edukasi dan pembelajaran esensi dasar kehidupan.

Dampak negatif ketiadaan masjid atau mushola disuatu lingkungan hunian masyarakat sangatlah signifikan diantaranya jika di suatu lingkungan padat penduduk, maka remaja cenderung berkumpul di tempat yang kurang layak dan mengarah kepada perbuatan sia-sia, seperti bergadang dipinggir jalan, narkoba, asusila, hingga kriminalitas. Untuk itu saya menghimbau dengan hormat dan kerendahan hati kiranya para pengurus masjid atau mushola agar bekerja keras membangun dasar dan pondasi kepribadian bangsa dengan membuat program-program mencerdaskan dan mempersatukan umat, kegiatan yang sederhana misalkan pengajian rutin anak-anak dan remaja, atau acara pekanan khusus remaja atau kegiatan kepedulian lingkungan, sehingga masyarakat dapat bersinergi dan bekerjasama dalam menata lingkungannya agar nyaman secara jasmani dan rohani maupun psikologis.

sudilah kiranya bapak/ibu mewakafkan hartanya dijalan Allah ke yayasan kami di rekening :
🏛BRI: 0829-01-017874-53-1
an: Yayasan PAKEM BUMI INDONESIA

 


Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat, baarakallahu lii wa lakum, walhamdulilahirobbil ‘alamiin.

sumber : https://arifpurnawan1.blogspot.com/2020/09/pentingnyamasjid-atau-mushola-dalam.html